Skip to content

Cara Membersihkan Ikan Lele

20/10/2011

Setiap ikan mempunyai cara tersendiri untuk membersihkannya. Begitu juga dengan ikan lele, meskipun kelihatan gampang, tapi cukup merepotkan. Selain licin, patil yang dimiliki ikan lele membuat kita keder untuk memegangnya. Patil ini terletak pada sirip ganda (kiri dan kanan) yang berfungsi sebagai senjata dan alat bantu gerak. Namun kita tidak perlu takut, berikut ada tips untuk membersihkan/membilah ikan dengan cepat.

Pertama, siapkan pisau cutter yang tajam, pegang ikan lele menggunakan tangan kiri dengan posisi telunjuk dan jari tengah berada di antara patil, sementara ibu jari menekan leher ikan. Perhatikan gambar di bawah ini,

Kedua, mulailah membelah lele menggunakan pisau cutter dengan membelah perut dari leher ke arah ekor, seperti gambar di bawah ini,

Ketiga, kembali belah lele pada bagian lehernya dari atas ke bawah, perhatikan gambar berikut,

Keempat, selanjutnya keluarkan jeroan lele dengan cara mendorong dari arah ekor ke atas menggunakan ibu jari kanan, selanjutnya biar lebih aman patahkan leher lele untuk memutus fungsi saraf kepala ke ekornya, sehingga ikan tidak bergerak, lihat gambar.

Kelima, belahlah bagian bawah kepala ikan lele, dari arah leher ke mulut untuk mengeluarkan insangnya.

Keenam, selanjutnya bersihkan ikan lele dengan air bersih yang telah dicampur dengan air cuka atau jeruk nipis atau garam, untuk menghilangkan lendirnya.

Perlu diingat tips di atas khusus  untuk diluar ikan lele jenis lokal (dumbo, sangkuriang, piton, dll). Kalau jenis lokal, patilnya lebih tajam dan berbisa. Ada baiknya ikan lele dilemahkan terlebih dahulu dengan cara dibungkus kantong pelastik, taburi dengan garam dua genggam kemudian biarkan 5 menit, baru lakukan langkah di atas.

Nah, demikian tips yang dapat saya bagikan kepada sahabat semua, berdasarkan pengalaman pribadi di lapangan saat panen. Semoga bermanfaat.

About these ads
18 Komentar leave one →
  1. 10/05/2012 12:15 pm

    makasih, pak, saya izin sharing di http://www.monggifish.com :)

    semoga sukses.

  2. 19/12/2011 2:24 pm

    Oh jadi begitu caranya :D

  3. 21/10/2011 4:28 pm

    Bli, saya agak takut nih, ikan lele yang udah mati itu… apakah patilnya masih bisa menyengat? :|
    Saya memang belum pernah merasakan kena patil…. makanya saya mau tanya, sakitkah terkena patil lele? :|

    • 21/10/2011 6:36 pm

      Heee kalau ikan udah mati ya ngak bisa matil lagi heeee, kalau mau tau rasanya di coba kang, entar aku bilang sakit akang malah ngak, entar aku bilang ngak akang malah sakit heeee :)

      • 21/10/2011 8:42 pm

        Oalaaah ternyata gak bisa matil lagi ya… :D

        Ah nggak mau nyoba ah. :P

        Itu maksudnya kalimat terakhir apa ya, Bli… ga ngerti… :D Wis pokoke pasti sakit banget kan, Bli? :lol:

  4. 21/10/2011 3:24 am

    jadi pengen makan lalapan ikan lele..

  5. 20/10/2011 10:36 pm

    Saya yang bagian makan saja, deh. :)

    >>Dukung pulau Komodo jadi 7 Keajaiban Dunia. Cukup dengan SMS, ketik KOMODO kirim ke 9818. Kirim sebanyak-banyaknya tiap hari hingga 11 November 2011.
    (Biaya SMS hanya Rp. 1 dari nomor Telkomsel, Flexi dan Indosat, dan Rp. 0 dari nomor XL)

  6. 20/10/2011 6:45 pm

    wah, lele kalo di balado kasih tomat muda, enak kok Bli :).
    # Tipsnya OK nih bli, sebelumnya saya biasanya lebih memilih minta dibersihkan kepala dan isi dalam lele sama penjualnya aja.

    • 20/10/2011 8:06 pm

      Heeee kalau saya memang suka lele, nah mungkin nanti bagian saya itu mbak heeee

  7. 20/10/2011 5:24 pm

    Wah Tips yang sangat bermanfaat banget..
    Tapi,ga mau Bli,mendingan aku makan lele di pinggir jalan langgananku aja
    Iihh..geli,ngelihatnya aja ..

    OOhh..jadi selama ini Bli menghilang lagi berternak lele ya..
    Pha kabarnya ..
    kangen banget..

    • 20/10/2011 8:04 pm

      Heeee…yang penting makannya suka heeee, beternak juga heee…kabarnya baik mbak, selain itu ada kerjaan yang harus diselesaikan mbak, makasi kunjungannya

  8. 20/10/2011 1:27 pm

    Gak suka lele :(

  9. 20/10/2011 1:01 pm

    Trima kasih tips-nya Bli, tapi saya lebih memilih untuk makan lele si rumah makan aja deh daripada beli lele hidup dan harus membersihkannya…huhu, nggak tega :(

    • 20/10/2011 7:57 pm

      Heee kalau saya mau makan sendiri juga enakan beli, tapi kalau ada yang pesan minta dibersihkan langsung dilaksanakan juga heeee

  10. 20/10/2011 12:48 pm

    wah, sudah panen aja bli,,,
    mau dong dikirimin lelenya….. :D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: