Beranda > Kisah > Cara Membersihkan Ikan Lele

Cara Membersihkan Ikan Lele

Setiap ikan mempunyai cara tersendiri untuk membersihkannya. Begitu juga dengan ikan lele, meskipun kelihatan gampang, tapi cukup merepotkan. Selain licin, patil yang dimiliki ikan lele membuat kita keder untuk memegangnya. Patil ini terletak pada sirip ganda (kiri dan kanan) yang berfungsi sebagai senjata dan alat bantu gerak. Namun kita tidak perlu takut, berikut ada tips untuk membersihkan/membilah ikan dengan cepat.

Pertama, siapkan pisau cutter yang tajam, pegang ikan lele menggunakan tangan kiri dengan posisi telunjuk dan jari tengah berada di antara patil, sementara ibu jari menekan leher ikan. Perhatikan gambar di bawah ini,

Kedua, mulailah membelah lele menggunakan pisau cutter dengan membelah perut dari leher ke arah ekor, seperti gambar di bawah ini,

Ketiga, kembali belah lele pada bagian lehernya dari atas ke bawah, perhatikan gambar berikut,

Keempat, selanjutnya keluarkan jeroan lele dengan cara mendorong dari arah ekor ke atas menggunakan ibu jari kanan, selanjutnya biar lebih aman patahkan leher lele untuk memutus fungsi saraf kepala ke ekornya, sehingga ikan tidak bergerak, lihat gambar.

Kelima, belahlah bagian bawah kepala ikan lele, dari arah leher ke mulut untuk mengeluarkan insangnya.

Keenam, selanjutnya bersihkan ikan lele dengan air bersih yang telah dicampur dengan air cuka atau jeruk nipis atau garam, untuk menghilangkan lendirnya.

Perlu diingat tips di atas khusus  untuk diluar ikan lele jenis lokal (dumbo, sangkuriang, piton, dll). Kalau jenis lokal, patilnya lebih tajam dan berbisa. Ada baiknya ikan lele dilemahkan terlebih dahulu dengan cara dibungkus kantong pelastik, taburi dengan garam dua genggam kemudian biarkan 5 menit, baru lakukan langkah di atas.

Nah, demikian tips yang dapat saya bagikan kepada sahabat semua, berdasarkan pengalaman pribadi di lapangan saat panen. Semoga bermanfaat.

  1. 10/05/2012 pukul 12:15 pm

    makasih, pak, saya izin sharing di http://www.monggifish.com 🙂

    semoga sukses.

  2. 19/12/2011 pukul 2:24 pm

    Oh jadi begitu caranya 😀

  3. 21/10/2011 pukul 4:28 pm

    Bli, saya agak takut nih, ikan lele yang udah mati itu… apakah patilnya masih bisa menyengat? 😐
    Saya memang belum pernah merasakan kena patil…. makanya saya mau tanya, sakitkah terkena patil lele? 😐

    • 21/10/2011 pukul 6:36 pm

      Heee kalau ikan udah mati ya ngak bisa matil lagi heeee, kalau mau tau rasanya di coba kang, entar aku bilang sakit akang malah ngak, entar aku bilang ngak akang malah sakit heeee 🙂

      • 21/10/2011 pukul 8:42 pm

        Oalaaah ternyata gak bisa matil lagi ya… 😀

        Ah nggak mau nyoba ah. 😛

        Itu maksudnya kalimat terakhir apa ya, Bli… ga ngerti… 😀 Wis pokoke pasti sakit banget kan, Bli? 😆

  4. 21/10/2011 pukul 3:24 am

    jadi pengen makan lalapan ikan lele..

    • 21/10/2011 pukul 6:34 pm

      Ayo kang…aku tunggu di tempat lalapan biasa yach 🙂

  5. 20/10/2011 pukul 10:36 pm

    Saya yang bagian makan saja, deh. 🙂

    >>Dukung pulau Komodo jadi 7 Keajaiban Dunia. Cukup dengan SMS, ketik KOMODO kirim ke 9818. Kirim sebanyak-banyaknya tiap hari hingga 11 November 2011.
    (Biaya SMS hanya Rp. 1 dari nomor Telkomsel, Flexi dan Indosat, dan Rp. 0 dari nomor XL)

  6. 20/10/2011 pukul 6:45 pm

    wah, lele kalo di balado kasih tomat muda, enak kok Bli :).
    # Tipsnya OK nih bli, sebelumnya saya biasanya lebih memilih minta dibersihkan kepala dan isi dalam lele sama penjualnya aja.

    • 20/10/2011 pukul 8:06 pm

      Heeee kalau saya memang suka lele, nah mungkin nanti bagian saya itu mbak heeee

  7. 20/10/2011 pukul 5:24 pm

    Wah Tips yang sangat bermanfaat banget..
    Tapi,ga mau Bli,mendingan aku makan lele di pinggir jalan langgananku aja
    Iihh..geli,ngelihatnya aja ..

    OOhh..jadi selama ini Bli menghilang lagi berternak lele ya..
    Pha kabarnya ..
    kangen banget..

    • 20/10/2011 pukul 8:04 pm

      Heeee…yang penting makannya suka heeee, beternak juga heee…kabarnya baik mbak, selain itu ada kerjaan yang harus diselesaikan mbak, makasi kunjungannya

  8. 20/10/2011 pukul 1:27 pm

    Gak suka lele 😦

    • 20/10/2011 pukul 8:01 pm

      udah tau kamu pasti suka ayam aja heeee

  9. 20/10/2011 pukul 1:01 pm

    Trima kasih tips-nya Bli, tapi saya lebih memilih untuk makan lele si rumah makan aja deh daripada beli lele hidup dan harus membersihkannya…huhu, nggak tega 😦

    • 20/10/2011 pukul 7:57 pm

      Heee kalau saya mau makan sendiri juga enakan beli, tapi kalau ada yang pesan minta dibersihkan langsung dilaksanakan juga heeee

  10. 20/10/2011 pukul 12:48 pm

    wah, sudah panen aja bli,,,
    mau dong dikirimin lelenya….. 😀

    • 20/10/2011 pukul 7:53 pm

      Heeeeee mau dikirim berapa nich heee

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar