Cara Membersihkan Ikan Lele

Setiap ikan mempunyai cara tersendiri untuk membersihkannya. Begitu juga dengan ikan lele, meskipun kelihatan gampang, tapi cukup merepotkan. Selain licin, patil yang dimiliki ikan lele membuat kita keder untuk memegangnya. Patil ini terletak pada sirip ganda (kiri dan kanan) yang berfungsi sebagai senjata dan alat bantu gerak. Namun kita tidak perlu takut, berikut ada tips untuk membersihkan/membilah ikan dengan cepat.

Pertama, siapkan pisau cutter yang tajam, pegang ikan lele menggunakan tangan kiri dengan posisi telunjuk dan jari tengah berada di antara patil, sementara ibu jari menekan leher ikan. Perhatikan gambar di bawah ini,

Kedua, mulailah membelah lele menggunakan pisau cutter dengan membelah perut dari leher ke arah ekor, seperti gambar di bawah ini,

Ketiga, kembali belah lele pada bagian lehernya dari atas ke bawah, perhatikan gambar berikut,

Keempat, selanjutnya keluarkan jeroan lele dengan cara mendorong dari arah ekor ke atas menggunakan ibu jari kanan, selanjutnya biar lebih aman patahkan leher lele untuk memutus fungsi saraf kepala ke ekornya, sehingga ikan tidak bergerak, lihat gambar.

Kelima, belahlah bagian bawah kepala ikan lele, dari arah leher ke mulut untuk mengeluarkan insangnya.

Keenam, selanjutnya bersihkan ikan lele dengan air bersih yang telah dicampur dengan air cuka atau jeruk nipis atau garam, untuk menghilangkan lendirnya.

Perlu diingat tips di atas khusus Β untuk diluar ikan lele jenis lokal (dumbo, sangkuriang, piton, dll). Kalau jenis lokal, patilnya lebih tajam dan berbisa. Ada baiknya ikan lele dilemahkan terlebih dahulu dengan cara dibungkus kantong pelastik, taburi dengan garam dua genggam kemudian biarkan 5 menit, baru lakukan langkah di atas.

Nah, demikian tips yang dapat saya bagikan kepada sahabat semua, berdasarkan pengalaman pribadi di lapangan saat panen. Semoga bermanfaat.

Iklan