Cara Mudah Untuk Lulus Ujian Praktik SIM C

Sebagai bukti registrasi dan identifikasi yang diberikan oleh Negara kepada seseorang, serta  memenuhi persyaratan administrasi maupun kesehatan, SIM (Surat Ijin Mengemudi) akan diberikan kalau kita telah dinyatakan lulus ujian teori dan praktek.

Jika sudah lulus ujian teori,maka bisa dilanjutkan dengan ujian praktek. Pada ujian praktek, peserta uji SIM akan diuji pada lintasan khusus (lintasan lurus, zig-zag, angka 8, dan U turn). Ujian praktek sangat penting dilakukan, karena itu untuk kepentingan pengendara sendiri.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar lulus ujian praktek SIM C, sebagai berikut :

  1. Perhatikan setiap instruksi serta contoh yang diberikan oleh petugas.
  2. Pada uji pengereman (lintasan lurus) lakukan pengereman ketika sudah mencapai garis pengereman (jangan terburu-buru untuk mengerem).
  3. Uji Zig-Zag, saat memasuki tahapan ini, konsentrasi pada gas dan patok-patok yang dipakai batasan, kaki tidak boleh turun serta jangan sampai menabrak patok lintasan.
  4. Angka 8. Ujian tahap ini banyak para peserta mengalami gagal. Tapi Anda tidak usah takut, perhatikan dan ikuti arah panah yang ada di lintasan agar Anda tidak salah arah. Patikan posisi bukaan gas stabil dari awal sampai akhir, dan bantu laju kendaraan dengan menggunakan rem belakang (seperlunya), serta pertahankan keseimbangan Anda termasuk kaki jangan sampai turun.
  5. U-turn (berbelok arah). Melajulah sesuai dengan arahan dan arah panah yang ada, ingat bukaan gas stabil, serta jaga keseimbangan agar kaki anda jangan sampai turun.

Nah, selamat mencoba dan semoga Anda lulus.

Berikut Video saat ujian Praktek SIM C

Iklan