Skip to content

Berbagi Keseruan Bersama Anak

14/11/2016

Sebagai orang tua tentu mempunyai keinginan untuk berbagi keseruan dengan keluarga, terutama anak. Namun hal itu terkadang terhalang dengan rutinitas kerja yang cukup padat. Sibuk dengan urusan-urusan yang mengesampingkan keinginan si anak. Padahal kalau diniatkan segala sesuatunya bisa terlaksana dengan baik.

Tidak perlu dengan perencanaan yang matang atau biaya yang mahal. Bisa saja keseruan itu kita lakukan dengan potensi yang ada pada diri kita sebagai orang tua dan dilakukan di tempat gratis. Entah itu Seni, olahraga atau kegiatan lain yang bersifat permainan.

Saya sendiri sangat jarang untuk mengajak keluarga liburan ke luar daerah. Hal ini dikarenakan waktu kami yang berbeda. Saat musim liburan tiba, saya malah berkutat dengan kewajiban profesi yang tidak bisa ditawar. Dan sebaliknya saat saya bisa mengajukan cuti, anak-anak sibuk dengan urusan pendidikan yang tentu memerlukan perhatian khusus.

Jadi…ya..begitulah, harus mampu memanfaatkan setiap kesempatan yang ada untuk bergerak atau bermain keseruan demi pertumbuhan serta perkembangan emosi dan sosial anak, terutama sekali perkembangan psikomotoriknya (ketrampilan).

Salah satu yang saya lakukan adalah dengan mengajaknya berlatih beladiri, silat. Meskipun sudah ada jadwal latihan tetap bersama anak-anak tetangga yang saya layani, sekali waktu saya tetap mengajak anak berlatih secara personal. Karena kesannya sangat berbeda.

Di tempat latihan saya berperan sebagai kakak seperguruan yang bertugas melayani adik-adiknya, sebaliknya kalau secara personal saya lebih berperan sebagai orang tua dan teman berlatih, dengan mengedepankan konsep permainan.

Tempat yang saya pergunakan untuk latihan juga sesuai dengan keinginan si anak. Biasanya anak-anak lebih cendrung ke pantai. Jadi paket hemat. Bermain, rekreasi sekaligus berlatih. Setiap momen tidak harus melalui suatu rencana, selagi ada kesempatan untuk mengajak anak bermain, mari kita berbagi keseruan. Karena suatu ketika mereka akan sulit untuk diajak bermain😆

Jpeg

Jpeg

Setiap pukulan dan tendangan di instuksikan dengan kata-kata bercanda🙂

2 Komentar leave one →
  1. dey permalink
    17/11/2016 1:37 pm

    Saya sendiri sangat jarang untuk mengajak keluarga liburan ke luar daerah. ==> pantesan ditungguin ngga nyampe2 ke Bandung😉

    Itu Agas latihan ngga sampe ngambek kan .. hehe

  2. 15/11/2016 8:50 am

    seru ya rekreasi sambil latihan. kemarin waktu liburan ke pantai, adek saya juga sambil latihan fisik. lumayan kan lari- lari tepi pantai, capek nggak kerasa. hehe

Tinggalkan Balasan

