Tamblingan : Perjalanan Kedua

Minggu, 11 Mei 2014 untuk kedua kalinya kami berkunjung ke Danau Tamblingan. Jika pada kunjungan pertama kami dimotori oleh PFB (Perhimpunan Fotografi Bali), kunjungan kedua kali ini adalah murni rasa kangen dan penasaran untuk memotret di Danau Tamblingan πŸ™‚

Pejalanan dimulai pukul 01:00 wita dari Jembrana menuju Kec. Banjar, Kab. Buleleng (lokasi Danau Tamblingan). Kurang lebih 3 jam perjalanan kamipun tiba di lokasi. Seperti biasa kami disambut dengan suara binatang malam dan hawa dingin khas Tamblingan.

Tidak membuang waktu, pukul 04:15 wita kami mulai melakukan pemotretan. Milky Way (lintasan galaxy) adalah hal yang menarik untuk di foto. Alam pegunungan yang tidak banyak polusi cahaya, sangat tepat untuk melakukan pemotretan Milky Way. Jika dilihat dari bumi, Milky Way berbentuk garis di angkasa, kakek saya biasa menamainya β€œNaga Langit,” πŸ˜† Pasang Tripod, atur kamera dengan settingan ISO 1600, f/3.5, exposure time 20 sec serta menggunakan manual fokus (infinity) dan KLIK!

001 FB IMG_9312

Milky Way Di Tamblingan

Setelah situasi sedikit terang, sekira pukul 06:15 wita kami mulai menyebar dan mencari spot sesuai selera masing-masing. Perhatian saya tertuju pada ROL (Rays Of Light) di arah timur. Meskipun agak tipis dan tersamar, serta langit di Danau Tamblingan keseringan flat (datar, kurang awan), tidak jadi masalah untuk mendokumentasikannya.

003 fb IMG_9327

Sedikit ROL Tamblingan

Sekira pukul 06:50 wita, mentari mulai menunjukkan wujudnya. Adalah hal yang menarik untuk memotret pijar mentari di Danau Tamblingan. Dengan setingan kamera f/20, exposure time 1/20 sec, ISO 100 sayapun menjepret pijarnya di antara bangunan pura.

004 fb IMG_9368

Flare Tamblingan

Dari beberapa kali jepretan, jepretan yang paling heboh adalah ketika kita narsis bareng πŸ˜† salam fotografi dan KLIK!

Tamblingan

Sesi Narsis Dulu hihihih dari kiri (Angga, Wahyuni, Saya, Budi As, Pandu)

Iklan