Focal Of Interest

Focal of interest (FOI) adalah hal yang biasa dan sering dibicarakan dalam dunia fotografi. Bukan maksud sok bisa atau sok ini dan itu, akan tetapi istilah FOI adalah hal yang lazim digunakan untuk menarik mata kita berhenti sesaat, sebelum akhirnya mengexplore detail keseluruhan dari sebuah foto.

Dan hampir setiap foto yang baik mempunyai FOI yang menarik. Seperti membuat foto pemandangan alam (landscape photography). Selain foreground (FG), depth of Field (DoF), rule of third, dllnya, FOI sangatlah berpengaruh sehingga foto tersebut tidak terkesan datar.

Nah…kemarin sore, saya sedikit kebingungan mencari sesuatu untuk dijadikan FOI ketika memotret di pantai. Bias senja tidak berani menampakkan warna dan rolnya karena tertutup awan. Daripada banyak menghayal, saya berdayakan apa yang ada dan menggunakan diri sendiri menjadi FOI 😆 Sebetulnya lebih tepat dibilang narsis kali yach 😆 Selamat berburu moment teman, salam KLIK!

Mengambil keputusan yang cepat dalam mengatasi masalah itu bagian dari suatu pembelajaran.

002 fb IMG_9146

Narsis dikit 😆

001 fb IMG_9129

Kasihan awannya, karena senja ngak bersahabat

Iklan

21 pemikiran pada “Focal Of Interest

  1. Bli, apaka FOI ini sama dg POI yg sering disebut2 sebagai pusat perhatian suatu foto itu? *pertanyaan awam hehe….
    BTW, sekali2 narsis boleh juga kok 🙂

    • Nah saya sendiri juga sering bertanya-tanya tentang hal ini mbak..apakah sama atau tidak..tapi untuk pribadi saya menyebut FOI untuk landscape dan POI untuk Human Interst… nanti kita cari lagi tentang ini hehehehe

        • Sebetulnya saya tidak terlalu paham juga mbak..cuman menyimpulkan sendiri heheheeh karena ada buku bilang FOI itu focus of interest disebutkan obyek itu focus sementara yang lainnya sedikit blur, mirip dengan dof. begitu juga dengan POI, obyeknya tegas yang lainnya ngeblur. Nah untuk FOI Focal of interest dikatakan bahwa obyeknya tegas dan yang lainnya juga tegas, cuman obyeknya lebih menonjol.

          Berdasarkan kejelasan itu jadi saya mengambil kesimpulan, FOI dan POI itu sama, cuman utuk POI saya gunakan utuk Human Interest (HI) dan FOI saya pakai untuk Landscape (LS)

          Maklumlah belajar motretnya otodidak bukan pada sekolah khususnya jadi gini dah lain kali kita nyari pakarnya mbak yuk hihihii….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s