Bunga Kembang Sepatu

Kembang Sepatu (Hibiscus rosa-sinensis L.)

Kembang Sepatu (Hibiscus rosa-sinensis L.)

Dan kepada kamu yang masih suka keindahan, jangan biarkan dia kuncup. Jika itu terjadi hari ini, mekarlah untuk hari esok.

Hihihi jadi berpuisi ria. Setidaknya demikianlah yang ada di benak saya ketika melihat dan memotret bunga Kembang Sepatu ini. Saya sendiri tidak terlalu paham dengan jenis-jenis tanaman, kalau teman saya mbak Prih pasti lebih mengerti. Kembang Sepatu yang merupakan jenis tanaman semak, masih diminati orang sebagai tanaman hias. Mempercantik dan memperindah halaman, meskipun bunga ini tidak menebarkan bau harum.

Mengenai khasiat untuk kesehatan, saya sering menggunakan daun kembang sepatu untuk mengobati panas dalam. Pertama cuci bersih daunnya, kemudian diseduh dengan air panas, didinginkan, lalu disaring ambil airnya dan minum tiga kali sehari (Ramuan dari orang tua).

Dan saat bertugas di NTT (Sumba Timur), saya pernah terkena demam malaria.Β  Orang-orang tua di sana menyarankan agar saya membuat ramuan daun kembang sepatu dengan daun pepaya dicampur garam, untuk mengobati demam malaria. Caranya, daun kembang sepatu dan daun pepaya dicampur sedikit garam direbus sampai mendidih, kemudian airnya disaring dan diminum selagi masih hangat.

Demikian cerita tentang bunga Kembang Sepatu, semoga bermanfaat.

