Edisi Galau : “Hargai Hasil Karya Orang Lain”

Kadang kita tidak bisa berbuat banyak. Ketika salah satu foto kita digunakan orang tanpa pemberitahuan dan sebagainya. Apalagi orang itu tidak kita kenal di dunia nyata atau maya. Seandainya mereka mengerti kalau saya meluangkan waktu untuk bangun subuh pergi ke suatu tempat,  ke pantai dengan udara dingin, bahkan kadang hujan deras, berusaha menyelamatkan peralatan yang saya bawa tanpa peduli dengan diri.

Bahkan juga harus kembali dan kembali lagi ke tempat yang sama tanpa merasa lelah. Berusaha menghasilkan yang terbaik untuk layak ditampilkan kepada orang, sebagai bahan refrensi wisata, tapi bukan untuk foto saya itu dicuri.

Saya sendiri tidak memerlukan apa-apa, saya hanya perlu sedikit rasa hormat dari waktu yang saya habiskan untuk membuat dan merekam beberapa gambar, agar tidak  menggunakannya dalam kepentingan apapun.

Tidak ada ruginya bahkan tidak akan merendahkan harga diri kita, jika hendak menggunakan hasil karya orang lain, ada pemberitahuan kepada orang tersebut, baik melalui keterangan gambar atau membiarkan watermarknya. Itulah pentingnya kita menghargai hidup, hidup kita dan hidup orang lain.

Iklan