Skip to content

Edisi Galau : “Hargai Hasil Karya Orang Lain”

26/12/2013
tags: , ,

Kadang kita tidak bisa berbuat banyak. Ketika salah satu foto kita digunakan orang tanpa pemberitahuan dan sebagainya. Apalagi orang itu tidak kita kenal di dunia nyata atau maya. Seandainya mereka mengerti kalau saya meluangkan waktu untuk bangun subuh pergi ke suatu tempat,  ke pantai dengan udara dingin, bahkan kadang hujan deras, berusaha menyelamatkan peralatan yang saya bawa tanpa peduli dengan diri.

Bahkan juga harus kembali dan kembali lagi ke tempat yang sama tanpa merasa lelah. Berusaha menghasilkan yang terbaik untuk layak ditampilkan kepada orang, sebagai bahan refrensi wisata, tapi bukan untuk foto saya itu dicuri.

Saya sendiri tidak memerlukan apa-apa, saya hanya perlu sedikit rasa hormat dari waktu yang saya habiskan untuk membuat dan merekam beberapa gambar, agar tidak  menggunakannya dalam kepentingan apapun.

Tidak ada ruginya bahkan tidak akan merendahkan harga diri kita, jika hendak menggunakan hasil karya orang lain, ada pemberitahuan kepada orang tersebut, baik melalui keterangan gambar atau membiarkan watermarknya. Itulah pentingnya kita menghargai hidup, hidup kita dan hidup orang lain.

16 Komentar leave one →
  1. 12/01/2014 11:27 am

    Nah terjadi juga seperti yang waktu itu sempat kita obrolin ya Bli. Memang repot kalau ketemu orang-orang yang gak meghargai karya orang lain. Bisa saja watermark kita buat segede gajah supaya gak bisa di crop, cuma ya memang jadinya foto kita kurang nikmat dipandangi 😦

  2. 31/12/2013 10:20 am

    Weladalah sang penyomot belum merasakan polahnya orang motret tuh Bli…
    Setiap pengguna dunia maya perlu etika penggunaan sumber. Jadi pengingat untuk kita semua. Salam

  3. 30/12/2013 3:43 pm

    akan saya ingat selalu nasihatnya Bli

  4. 30/12/2013 1:05 am

    Saya juga pernah mengalami hal tersebut, yah senjata andalan saya cuma watermark sih🙂

    Salam kenal🙂

    • 30/12/2013 7:19 pm

      Salam kenal juga…terima kasih kunjungannya…watermarknya di crop heheheh

  5. 26/12/2013 6:10 pm

    sungguh terlalu ya bli , nggak kepikir kl terjadi pada hasil karya mereka bgmn ya ? aku kmrn jg memergoki bli ada anak anak sekolah pasang postinganku Cuma diganti judulnya saja, isi dann Foto nggak, msh ada watermarknya sih, kutegur, mereka minta maaf dan mencantumkan sumbernya

    • 30/12/2013 7:18 pm

      Yaaa gitu deh mbak…bukan apa mbak yach..momentnya yang kita cari itu kan sulit hehehehe

  6. 26/12/2013 3:24 pm

    Waduh… semoga itu bukan saya..

  7. 26/12/2013 1:23 pm

    Wah ada yang nekat dengan menghapus watermark ya Bli..Itu mah benar-benar keterlaluan. Gak ada malunya tuh orang..

    • 30/12/2013 7:17 pm

      Yachhhh perjuangan di Duma memang demikian mbak yach….suatu saat ketika hasil dia dipakai orang, baru akan merasakan gimana🙂

  8. 26/12/2013 12:48 pm

    Kalau fot yg saya upload diblog agak bagusan dikit, fotonya pasti dikasih coret2an dikit.. takutnya dicuri orang…😀
    Dulu pernah baca tutorial di o-om.com tentang cara agar foto tidak bisa diambil, tapi agak repot…

  9. dey permalink
    26/12/2013 6:21 am

    edisi galau versi Bli Budi itu ngga keliatan ngomel2nya ya … hihihi

Tinggalkan Balasan

