Cara Belajar Anak TK

Mengajar atau menjadi guru itu tidak mudah. Apalagi mengajar anak-anak TK, yakin deh ibu gurunya dibikin pusing dengan ulah mereka. Sabar. Itulah hal yang harus dilakukan saat mengajar anak-anak yang masih bandel dan sukanya hanya bermain dan bermain lagi.

Seperti yang sempat saya perhatikan, ketika ibu guru bilang, “Coba anak-anak semuanya diam, tidak ada lagi yang mukul-mukul alat musik, perhatikan ibu, siappp gerak!” sebagian murid ada yang siap, sebagian lagi ada yang masih memukul alat musik (tang..tang..teng..teng).

Saya yang melihat dari jendela kantor jadi cekikikan sendiri, dalam hati saya berkata “Kita yang udah gede aja sulit untuk patuh, apalagi yang masih anak-anak gitu hihihi.” Namun saya salut dengan ibu guru, dengan sabar ia tetap cerewet dan gigih mengajar anak-anak.

Mungkin karena jengah dengan ulah murid yang rata-rata bandel, akhirnya ibu guru mengajak anak-anak belajar keluar halaman sekolah. Wantilan di sebelah kantor saya menjadi sarana belajar. Hal hasil mereka semua nurut, meskipun saya sedikit bising. Namun tidak menjadi masalah, saya justru menikmatinya dengan memotret 😆

Mengajar musik

Pemahaman antara guru dan siswa serta terjalinnya komunikasi yang baik, akan membawa proses belajar mengajar yang efektif. Bahkan cara mengajar yang variatif dan fleksibel memberikan suasana segar dan tidak membosankan.

Wantilan : Bangunan persegi panjang, tidak berdinding tempat orang rapat atau kegiatan lain dan biasanya berada dekat areal pura.

 

