Sehari Tanpa Gadget : Saatnya Menjadikan Hari “Suami”

Sehari tanpa gadget? Susah juga kalau ngebayangin di jaman sekarang ini kita hidup tanpa gadget. Karena tanpa disadari, saat ini keberadaan gadget menjadi suatu hal yang bersifat pokok untuk dimiliki, baik itu sebagai sarana komunikasi maupun membantu kelancaran pekerjaan.

Namun ada juga dibeberapa kalangan, gadget bukan sebagai suatu kebutuhan hidup, namun lebih sebagai gaya hidup. Ini memungkinkan gadget berfungsi sebagai sarana bermain game, facebook, twitteran atau yang lebih berbahaya lagi dipergunakan untuk mengakses situs-situs porno.

Kembali kepada pokok permasalahan yang dilemparkan mbak Iyha tentang bagaimana seandainya sehari tanpa gadget. Apakah saya bisa? Saya jawab bisa. Karena saya akan melakukannya dengan formula WINS :

  1. W (Waktu). Tentukan waktu yang tepat kapan saatnya Anda tanpa gadget, sehingga tidak merugikan pekerjaan atau bisnis Anda.
  2. I (Ingat). Ingatkan diri Anda untuk meluangkan waktu bersama keluarga.
  3. N (Niat). Niat yang Anda miliki harus diwujudkan dengan kemauan untuk melakukan suatu tindakan.
  4. S (Sosialisasi). Sosialisasikan dengan teman/saudara, kalau Anda tidak ingin diganggu dan hari ini adalah milik Anda bersama keluarga.

Dengan formula WINS di atas, akhirnya saya tentukan hari Sabtu, 2 Nop 2013 untuk sehari tanpa gadget dan mensosialisasikan di facebook dengan memasang status “Sehari Tanpa Alkom (alat komunikasi).” Setelah itu tablet kesayangan saya offkan.

Alasan memilih  tanggal 2 Nopember 2013, karena tanggal tersebut saya libur serta bertepatan dengan hari Raya Kuningan (bagi umat Hindu). Kesempatan ini saya manfaatkan untuk  melakukan persembahyangan (ibadah) bersama keluarga tanpa diganggu suara handphone. Setengah hari sibuk dengan kegiatan keagamaan, setengah harinya lagi saya pergunakan untuk menikmati senja di pantai Rambut Siwi, Jembrana, Bali.

Tiba di rumah pukul 21:30 Wita, belum ada panggilan maupun sms masuk di HP yang saya tinggalkan di kamar sejak pukul 07:00 wita. Sayapun bisa tersenyum manis meskipun wajah saya tidak manis 😆 ,  karena hari itu (2 Nopember 2013) bisa tanpa gadget dan menjadikannya hari “SUAMI” (Semuanya Untuk Anak Maupun Istri).

Kesimpulannya, kita akan mampu hidup sehari tanpa gadget jika saat itu adalah hari libur dan kita sedang bersama keluarga. Yukk pergunakan gadget kesayangan Anda dengan bijak sehingga tetap menjadi SMA (Semuanya Makin Asyik).

“Tulisan ini ikutan GA keren Sehari Tanpa Gadget di blog Keajaiban Senyuman lhooooo”

pura

Foto senjanya ini saja yach, karena waktunya saya manfaatkan untuk menemani keluarga (tidak fokus ke pemotretan) 🙂

Iklan