Beranda > Informasi > Cara Motret Foto Panning

Cara Motret Foto Panning

Jaman sekarang, kegiatan memotret bukan saja dilakukan oleh mereka yang sudah mahir atau profesional di bidang fotografi.  Tetapi kegiatan memotret sudah banyak dilakukan orang untuk mengisi waktu luang. Kejadian-kejadian menarik atau sesuatu yang unik adalah sasaran empuk bagi mereka yang gemar melakukan hoby memotret.

Di sini saya mencoba berbagi tentang cara memotret foto panning. Memotret foto panning pada intinya menangkap obyek bergerak dengan backgroud sekitar obyek menjadi kabur/blur dengan cara menggerakkan kamera searah gerakan obyek, berikut beberapa tips untuk memotret foto panning :

  1. Siapkan kamera DSLR kesayangan Anda.
  2. Set kamera pada mode shutter priority (TV).
  3. Atur shutter speed antara 1/30 dan 1/60.
  4. Gunakan ISO rendah (100 -200).
  5. Arahkan kamera mengikuti obyek yang bergerak, pencet setengah tombol release untuk mengambil fokus (usahakan gerakan tangan lembut/tidak goyang).
  6. Ketika gerakan tangan sudah pas, pencet penuh tombol releasenya pada saat obyek berada pada posisi yang kita inginkan (jangan takut dengan komposisi, kita bisa melakukan cropping).
  7. Banyak latihan akan mempengaruhi keseimbangan tangan dan hasil yang didapatkanpun sesuai dengan keinginan.

Belajar sambil praktek adalah hal yang paling menarik ketimbang belajar khusus dalam suatu ruangan 😉 Selamat mencoba.

Tanpa Helm2FB

f/13, 1/50, ISO 160

Iklan
Kategori:Informasi Tag:, ,
  1. 13/11/2013 pukul 12:22 pm

    kalau gak ada DSLRNya gimana bli 🙂

  2. 07/11/2013 pukul 10:46 am

    Menarik, kalau ada waktu mau minta bimbingan Bli Budi buat foto panning ya Bli

    • 14/11/2013 pukul 1:38 pm

      halahhh om ini bisa saja…nanti saya yang minta bimbingannya kalau ketemu om

  3. dey
    04/11/2013 pukul 8:10 pm

    Foto panning yg bikin pening :D.

  4. 04/11/2013 pukul 11:39 am

    Oyaaaa, latar belakang yang blur itu kereeen banget, Bli…fokus pada sepeda motornya juga jadi tajem banget…*langsung minder dengan komen yang sederhana ini*
    😦

  5. 04/11/2013 pukul 11:38 am

    Wah, fotonya keren, tips-nya juga ok…ikutan menyimak aja deh, Bli…karena fotografi itu bukan keahlian saya…hehe

    • 14/11/2013 pukul 1:37 pm

      Hihihihi ngisi waktu luang saja mbak..karena ngak bisa main golf hihihihi

  6. 03/11/2013 pukul 3:43 pm

    Asiik kelas berbagi nih Bli.
    Kalau mempergunakan kamera saku sederhana bisakah Bli?
    Matur suksma

    • 03/11/2013 pukul 7:18 pm

      hihihi..,mohon maaf mbk kalau kamera saku sy blm pernah mencobanya, tapi kayaknya sulit untuk fokusnya mbk….salam 😉

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: