Skip to content

Blimbingsari Yang Unik Dan Menarik

17/06/2013

Blimbingsari merupakan salah satu desa yang ada di Kecematan Melaya, Kabupaten Jembrana Bali. Desa yang penduduknya mayoritas beragama Kristen Protestan ini mempunyai nuansa budaya Bali yang sangat kental.

Dua buah gereja (Gereja Imanuel dan Gereja Pniel) dibangun dengan ornamen ukir-ukiran Bali.  Selain itu, disetiap bangunan gereja dibuatkan sebuah Bale Kulkul (biasanya terdapat di pura). Kulkul (kentongan) itu sendiri dipergunakan sebagai alat memanggil umat untuk datang beribadat (gereja-gereja lain biasanya menggunakan lonceng).

Demikian pula pemberian nama anak-anak di Desa Blimbingsari. Seperti Putu, Made, Nyoman, Ketut tidak asing didengar meskipun mereka beragama Kristen. Pada perayaan hari Raya Natal, Paskah serta perayaan hari raya lainnya, masyarakat di Desa Blimbingsari masih antusias untuk memasang penjor yang mencirikan budaya bali.

Tidak kalah penting juga, keindahan, keasrian serta keramahan penduduk Desa Blimbingsari menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk datang dan berkunjung ke desa ini.

Demikikan yang dapat saya ulas sedikit tentang Desa Blimbingsari, untuk selanjutnya mungkin mbak Prih dapat mengupasnya lebih dalam ketika berkunjung ke Desa Blimbingsari Jumat (21/6) nanti.

Gerbang memasuki Ds. Blimbingsari

Salah satu gereja di Ds.Blimbingsari lengkap dengan Bali Kulkul sebelah kiri bangunan.

Bale Kulkul : Tempat untuk menggantungkan kentongan.

11 Komentar leave one →
  1. 02/07/2013 5:38 pm

    Trima kasih kelengkapan informasinya, Bli…tadi saya udah baca juga di postingannya mbak Prih…bener-bener saling mengisi deh!😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: