Cara Membersihkan Sensor Kamera

Memiliki satu kamera DSLR dengan lebih dari satu lensa, akan membuat kita sedikit repot. Karena harus gonta-ganti lensa. Resiko terbesarnya adalah sensor kamera DSLR  akan cepat kemasukan debu. Hal ini otomatis akan mempengaruhi kualitas gambar yang dihasilkan. Lalu bagaimana cara membersihkannya?

Berikut saya bagikan cara membersihkan sensor kamera DSLR yang kemasukan debu.

  1. Kita harus siapkan Blower atau penyemprot udara kecil.
  2. Biarkan kamera pada posisi on, atur shutter speed pada angka 30” atau posisi terendah.
  3. Lepaskan lensa, kemudian pegang kamera dengan posisi mengarah ke bawah, agar kotorannya mudah jatuh (perhatikan keamanan kamera agar tidak jatuh).
  4. Posisi kamera tetap menghadap ke bawah,  kemudian tekan shutternya. Ketika sensor terbuka semprot bagian sensor dengan blower hingga kotoran/debunya keluar, lakukan hal ini beberapa kali, hingga sensornya menutup kembali.
  5. Pasang kembali lensa, coba bidik ke arah atau areal yang putih, perhatikan hasilnya. Jika masih ada noda, lakukan  kembali langkah-langkah di atas, hingga tidak ada noda di hasil jepretan Anda.

Cukup mudah bukan? Hal ini sudah saya praktekkan sendiri dan cukup membantu menghilangkan debunya. Sampai saat ini kamera saya masih berfungsi dengan baik.

Catatan : Jika semua cara tersebut tidak berhasil, silakan bawa ke tempat Anda membelinya dan bersihkan di sana.

Gambar yang penuh noda hitam karena debu

hasil setelah dibersihkan

Iklan