Skip to content

Fire Money

03/08/2012

Ah..kali ini saya mendapat tugas lagi. Setelah ditodong tornado dalam botol, kini Cintya menodong lagi dengan eksperimen fisika lainnya. Dan kembali hal ini membuat saya cengar-cengir karena bingung mau berbuat apa.

Teringat kembali waktu SMP.  Ketika itu, saya menonton pertunjukan sulap  dalam acara tujuh belasan di alun-alun kampung kami. Pertunjukan Fire Money membuat  hati saya tertarik. Setelah pertunjukan selesai, saya ke belakang panggung dan memelas kepada om yang tampil tadi untuk diajarkan caranya.

Mungkin karena kasihan atau bagaimana, om tersebut akhirnya mengajarkan saya. Dan permaian itu saya tampilkan dalam acara api unggun perpisahan kami waktu SMP. Kini teori itu saya bagikan kepada Cintya untuk memenuhi tugas sekolahnya. Caranya begini :

Pertama kita siapkan uang kertas, lilin, korek api, air dan spiritus setengah gelas. Kemudian celupkan uang kertas ke dalam air. Setelah meresap, celupkan lagi uang tersebut ke dalam gelas yang ada spiritusnya. Kemudian bakar uang kertas dengan api yang telah menyala di lilin. Api akan menyala di uang kertas. Setelah apinya padam, uang tersebut tidak terbakar.

Kesimpulan, ketika uang dicelupkan ke dalam air, maka air akan meresap ke uang kertas tersebut. Kemudian saat kita mencelupkannya kembali ke dalam spiritus, maka uang akan terlapisi lagi dengan cairan spiritus yang mudah terbakar, sehingga api akan mudah menyala di uang kertas. Setelah spiritusnya menguap, api akan padam dengan sendirinya dan air yang ada pada uang ikut menguap juga. Hal itulah yang menyebabkan uang tidak terbakar.

Demikian kira-kira, bagi yang ingin mencoba silakan, asal jangan langsung menggunakan nominal uang yang besar, karena saat Anda gagal, akan membawa penyesalan😆

22 Komentar leave one →
  1. koming permalink
    17/02/2013 3:47 pm

    Kloq bensin ma air boleh ngaq ??

  2. 04/08/2012 7:54 pm

    Ooo gini to simulasi fire money, saya kira itu artinya uang panas.🙂

  3. 04/08/2012 2:36 pm

    Saat sains dibawa dalam keseharian dan dikemas dalam alam bermain, anak-anakpun belajar dengan senang. Apresiasi pada cara Bli Budi mendampingi belajar putri dan putra tkasih.

Tinggalkan Balasan

