Tornado Dalam Botol

Sesuai pengertiannya, Tornado merupakan udara yang berputar kencang dan muncul dari awan kemudian menyatu dengan tanah. Lalu bagaimana ceritanya kok Tornado ada dalam botol?

“Pa, besok saya harus membawa hasil eksperimen sains ke sekolah!” kata Cintya (anak sulung kami) ketika saya baru saja pulang kerja. “Terus, Cintya udah punya rencana mau eksperimen apa?” tanya saya. “Belum, maunya diajarin papa,” jawab Cintya.

Terus terang, pelajaran sains saya tidak bisa dan kurang berminat. Mendingan bikin puisi atau cerpen 😆 walaupun puisi dan cerpen saya tidak ada yang bagus, tetapi tetap bergairah membuatnya. Sambil mikir dan mencoba mengingat pelajaran masa lalu, akhirnya saya memutuskan untuk membuat “Tornado Dalam Botol,” alasannya sederhana, yaitu alatnya murah dan gampang.

Kita siapkan 2 buah botol air ukuran 1,5 liter, lakban, pewarna air dan gunting. Kemudian buat lubang secukupnya pada kedua tutup botol tersebut. Isi salah satu botol dengan air yang sudah dicampur sat pewarna kira-kira 2/3, lalu susun botol tersebut, dan lekatkan dengan lakban. Kemudian putar/kocok botol tersebut dan biarkan air mengalir ke bawah.

Kesimpulannya, pusaran air ini lebih cepat turun ke bawah (botol yang kosong) karena ada pemisah antara ruang udara yang naik dari bawah ke atas dengan yang turun dari atas ke bawah, sehingga membentuk pusaran seperti tornado. Yang mau silakan mencoba 🙂

Tornado Dalam botol

Iklan

18 pemikiran pada “Tornado Dalam Botol

  1. Ping balik: Fire Money « ceritabudi

    • Hahahaahh mbak mondaaaaaaaa…saya berpikir keras banget tuh…pelajaran es em pe yang sering saya tinggalkan, kalau drama dan sastra masih mendingan saya duduk manis di kelas heeeee

  2. Bli Budi…apa kabar? Wah, saya kira lagi ngeblog, jadi saya lama tidak berkunjung kesini..hehe, untunglah percobaan ilmu pengetahuan itu tidak ditanyakan ke saya, alamat saya bakal mati gaya, Bli… 😀

  3. Sip Ilmunya Bli, ntar kalau saya punya anak, pas ada tugas kayak Cintya, ini akan saya coba hehehe 🙂

  4. Hiihih..dulu waktu SMA pernah belajar juga kaya gini Blii..
    Wahh kapan2 kalo ada PR bikin puisi ato cerpen , minta tolong Bli ahh qiqiiqi..

    Salam sayang buat Cintya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s