Skip to content

Tornado Dalam Botol

27/07/2012

Sesuai pengertiannya, Tornado merupakan udara yang berputar kencang dan muncul dari awan kemudian menyatu dengan tanah. Lalu bagaimana ceritanya kok Tornado ada dalam botol?

“Pa, besok saya harus membawa hasil eksperimen sains ke sekolah!” kata Cintya (anak sulung kami) ketika saya baru saja pulang kerja. “Terus, Cintya udah punya rencana mau eksperimen apa?” tanya saya. “Belum, maunya diajarin papa,” jawab Cintya.

Terus terang, pelajaran sains saya tidak bisa dan kurang berminat. Mendingan bikin puisi atau cerpen😆 walaupun puisi dan cerpen saya tidak ada yang bagus, tetapi tetap bergairah membuatnya. Sambil mikir dan mencoba mengingat pelajaran masa lalu, akhirnya saya memutuskan untuk membuat “Tornado Dalam Botol,” alasannya sederhana, yaitu alatnya murah dan gampang.

Kita siapkan 2 buah botol air ukuran 1,5 liter, lakban, pewarna air dan gunting. Kemudian buat lubang secukupnya pada kedua tutup botol tersebut. Isi salah satu botol dengan air yang sudah dicampur sat pewarna kira-kira 2/3, lalu susun botol tersebut, dan lekatkan dengan lakban. Kemudian putar/kocok botol tersebut dan biarkan air mengalir ke bawah.

Kesimpulannya, pusaran air ini lebih cepat turun ke bawah (botol yang kosong) karena ada pemisah antara ruang udara yang naik dari bawah ke atas dengan yang turun dari atas ke bawah, sehingga membentuk pusaran seperti tornado. Yang mau silakan mencoba🙂

Tornado Dalam botol

18 Komentar leave one →
  1. 28/07/2012 7:36 am

    tak kira ada tornado beneran bli🙂

  2. 27/07/2012 11:54 pm

    Wah… agak ngerti dikit cara kerjanya.. semoga saja bisa aku cobakan di rumah… hehehehehe

  3. 27/07/2012 9:23 pm

    Seru juga ya Bli kalau punya papa kreatif dan bisa diandalkan…

  4. 27/07/2012 8:28 pm

    nggak suka science tapi bisa buat eksperimen spt ini…
    aku baru tau lho

    • 28/07/2012 6:30 am

      Hahahaahh mbak mondaaaaaaaa…saya berpikir keras banget tuh…pelajaran es em pe yang sering saya tinggalkan, kalau drama dan sastra masih mendingan saya duduk manis di kelas heeeee

  5. 27/07/2012 4:04 pm

    Bli Budi…apa kabar? Wah, saya kira lagi ngeblog, jadi saya lama tidak berkunjung kesini..hehe, untunglah percobaan ilmu pengetahuan itu tidak ditanyakan ke saya, alamat saya bakal mati gaya, Bli…😀

    • 28/07/2012 6:29 am

      Kabar baik mbak..tetep ngeblog kok, cuman kadang kebablasan malasnya heeee…itu juga masih mikir mau bikin apa mbak heeee

  6. 27/07/2012 3:18 pm

    Hiii bli, punapi gatre ??😀

    • 28/07/2012 6:28 am

      Gatrene becik geg…punapi, samupun kudang bulan mangkin? pasti seru yach..badan adikku ini heeeee

  7. Sofyan permalink
    27/07/2012 2:18 pm

    Sip Ilmunya Bli, ntar kalau saya punya anak, pas ada tugas kayak Cintya, ini akan saya coba hehehe🙂

  8. 27/07/2012 9:45 am

    Inilah Bli…
    Kalau kita mau, apapun bisa jadi bahan postingan

    • 28/07/2012 6:27 am

      Terima kasih banyak Pakde, motivasinya, jangan bosan, meskipun saya kadang malas

  9. 27/07/2012 3:48 am

    Hiihih..dulu waktu SMA pernah belajar juga kaya gini Blii..
    Wahh kapan2 kalo ada PR bikin puisi ato cerpen , minta tolong Bli ahh qiqiiqi..

    Salam sayang buat Cintya

    • 28/07/2012 6:26 am

      kwkwkwkwk wani piro hahahahah….salam juga buat keluarga di sana mbak yach

Trackbacks

  1. Fire Money « ceritabudi

Tinggalkan Balasan

