Jadikan Buku Sebagai Kado

Di dunia perblogeran atau bahasa kampungnya blogosphere, buku sebagai kado itu sudah sering terjadi, bahkan menjadi suatu tradisi. Hal ini melukiskan kalau buku mengandung nilai simbolis yang luar biasa. Tradisi memberikan kado/hadiah/kenang-kenangan sebuah buku seolah mengekspresikan betapa eratnya hubungan yang terjadi antara yang memberi maupun yang menerima. Apalagi buku yang diberikan menorehkan kesan yang mendalam saat membacanya.

Namun demikian banyak di antara kita yang belum terbiasa memberikan kado/hadiah/kenang-kenangan berupa buku, entah itu dalam momen perayaan ulang tahun, maupun momen-momen tertentu lainnya. Uang, HP, perhiasan, sepeda, mobil menjadi pilihan yang istimewa dalam momen semacam itu.

Justru di era informasi seperti sekarang ini, dimana informasi sebagai inspirasi penambah wawasan yang sejajar dengan sumber daya lainnya, minat membaca masyarakat kita semakin menurun. Mereka lebih gemar dengan game online atau ber-haha-hihi dengan HP.

Dalam kondisi yang memprihatinkan seperti sekarang ini, memberikan kado berupa buku akan menjadi makna yang berbeda dan mempunyai dampak ganda. Dan tidak ada salahnya jika tradisi ini dilakukan secara konprehensif untuk dijadikan sebagai suatu gerakan. Sehingga membangkitkan kembali minat baca masyarakat.

Iklan