Beranda > Informasi > Nembang Untuk Cinta

Nembang Untuk Cinta

Akhir-akhir ini waktu dan kesempatan saya untuk ngeblog sedikit tersita dengan urusan CintA (Cintya dan Agastya). Saya mohon maaf kepada sahabat semua, jika komentarnya tidak sempat saya balas satu persatu, serta tidak maksimal melakukan kunjungan. CintA lagi semangat belajar nembang, salah satunya adalah pupuh ginada “Eda Ngaden Awak Bisa.” Dengan suara yang pas-pasan, saya berusaha tampil profesional di depan mereka 😆

Pupuh ginada merupakan salah satu tambang sekar alit yaitu tembang bali yang diperuntukkan untuk pengiring dolanan anak-anak atau sebagai buaian pengantar tidur anak. Pupuh ginada “Eda Ngaden Awak Bisa,” sangat populer di masyarakat bali yang berisikan pesan tentang kerendahan hati, berikut syairnya:

Eda ngadèn awak bisa
depang anakè ngadanin
geginane buka nyampat
anak sai tumbuh luhu
ilang luhu bukè katah
yadin ririh liu enu paplajahan

Artinya,

Janganlah merasa paling tahu
Biarlah orang lain yang menilai
Kita hidup seperti menyapu
Sampah itu akan selalu ada
Habis sampah, debu bertaburan
Meski kita sudah pintar
Namun masih banyak yang harus dipelajari

Sebagai bonus saya mengajarkan CintA tembang jawa “Gambang Suling.” Nembang yuk :mrgreen:

Gambang suling, ngumandhang swarané
thulat thulit, kepénak uniné
uuuuniné mung
nreyuhaké ba-
reng lan kentrung ke-
tipung suling, sigrak kendhangané

Kategori:Informasi Tag:, ,
  1. 21/03/2012 pukul 12:43 pm

    walaupun gak bisa dan gak ngerti apa isi sebuah tembang …
    namun, ketika mendengarkannya , serasa terbawa pd alunan suara penembang yg indah dlm harmoni rasa ….
    jadi pingin denger Cintya dan Agastya nembang 🙂
    pasti indah ya Budi …….
    salam

  2. 18/03/2012 pukul 12:07 am

    nanti kalau ke Bali saya ajak Tyanya nyanyi heeee

  3. 17/03/2012 pukul 8:14 pm

    Seandainya saja saya bisa denger langsung suara Cintya dan Agastya nembang, Bli…pasti indah dan menyentuh.

    Terus terang, nembang itu bukan keahlian saya, tapi kalau mendengar suara orang nembang, saya suka ikut terhanyut dengan suaranya yang mendayu-dayu…
    🙂

Comment pages
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

