Dari 3D ke 3J

Keinginan saya untuk mengaplikasikan program 3J ini sudah ada sejak tahun 2011. Namun karena ada beberapa faktor yang kurang lengkap, program 3J tertunda. Di tahun ini, 3J menjadi program pilihan, dan untuk melengkapi kekurangan tahun lalu saya memerlukan 3D untuk kelancarannya. Apa saja 3D itu?

  1. Dukungan internal. Ketika saya merencanakan 3J (Jurusan-Jembrana-Jember) hal pertama yang saya lakukan adalah mendapat dukungan dari keluarga (istri dan anak). Dengan sedikit rayuan dan kacang ijo satu sendok yang disajikan pagi, siang dan malam, akhirnya SIK (Surat Ijin Keluar) untuk kopdar (kopi darat) di Jember  hari sabtu, 18 Pebruari 2012, saya dapatkan dengan baik.
  2. Dukungan eksternal. Dukungan ini kita dapatkan dari teman, sahabat maupun lingkungan kerja. Tahun lalu hal ini yang menjadi hambatan. Ketika lingkungan kerja mendukung, teman kurang mendukung. Dan sempat terjadi pembicaraan, “Jember itu jauh broww..bukan 1atau 2 km, tapi berjam-jam.” Mau berangkat sendiri saya malas karena ngebosanin, tetapi kalau jalan bersama teman kan lebih asyik, jadi  harus menunggu kesempatan yang pas. Akhirnya setelah hitung, kali dan bagi, serta berbagai jurus bujuk rayu, sahabat ini bersedia ikut.
  3. Dukungan dari atas. Dukungan dari atas maksudnya bukan dari atas pohon/gedung, tetapi jodoh dan takdir. Meskipun kedua D di atas telah kita peroleh, tanpa ada campur tangan Tuhan, saya yakin tidak akan tercapai. Dengan doa siang dan malam, semoga D yang terakhir ini saya dapatkan dengan baik juga.

Semoga segala sesuatunya berjalan dengan lancar, sehingga saya bisa melanjutkan cerita 3J ini dalam episode Kopdar, ditunggu cerita selanjutnya ya?

Iklan