Pakai Topengmu

Berbekal kemampuan menari yang terbatas dan pengalaman menonton pertunjukan ayah, akupun lolos seleksi pagelaran Drama Gong anak-anak (Pertunjukan seni dan akting), dengan peran Empu Baradah (Peran utama) dalam kisah “Calon Arang,” dua puluh tiga tahun yang lalu.

Dikisahkan, Empu Baradah perang tanding dengan Ni Calon Arang (Ratu leak penguasa ilmu hitam). Perang diawali dengan tangan kosong. Tarian aku yang memerankan Empu Baradah tidak kalah dengan Ni Calon Arang (Diperankan oleh Tantri) penari handal di kampung kami. Perang dilanjutkan dengan senjata, dan terakhir menggunakan ilmu Kanuragan (Kesaktian tingkat tinggi).

Lampu panggung berkedap-kedip merah dan kuning sebagai tanda proses Ni Calon Arang yang masih wujud manusia berubah menjadi Ratu Leak Sakti. Diapun kebelakang panggung untuk berganti peran, sementara aku masih di atas panggung.

Begitu Ratu Leak Sakti (Diperankan oleh Ketut Diana) masuk panggung, lampu sudah berubah kuning. Sementara aku menghadap ke pononton dan berteriak memanggil-manggil Ratu Leak Sakti untuk keluar dan melanjutkan pertarungan.

Penonton bersorak-sorai dan mereka tertawa terbahak-bahak. Aku sempat gugup. Begitu aku membalikkan badan, betapa terkejutnya aku melihat Ratu Leak Sakti. Dia menggunakan baju rangda, namun wajahnya tetap biasa, seharusnya dia menggunakan topeng (Tapel) rangda juga.

Ratu Leak Sakti tetap menari. Meskipun dia mendelik sejadinya, tetap saja mengundang ketawa penonton. Aku langsung menyerang, sekaligus berbisik kepada Ketut kalau dia lupa memakai topeng. Satu dua jurus dia masih belum sadar. Jurus ketiga baru dia sadar, kalau dia tidak menggunakan topeng. Diapun lari ke belakang panggung.

Ternyata si Ketut sempat tertidur sebelum manggung, begitu dibangunkan untuk segera tampil, dia langsung ke panggung dan lupa memakai topeng rangdanya. Seharusnya Ketut berpenampilan seperti gambar ini (Pinjam dari paman Google).

Ilustrasi Ratu Leak

Budi Arnaya berpartisipasi dalam ‘Saweran Kecebong 3 Warna’ yang didalangi oleh Jeng SoesJeng DewiJeng Nia”. Disponsori oleh : “Jeng Anggie, Desa Boneka, Kios108

Iklan