Beranda > Informasi > Bajigur

Bajigur

Beberapa sahabat mungkin mengetahui bajigur. Kemarin sore saya mendapat kiriman bajigur dari seorang sahabat yang saya panggil mbak Dey. Menurut si pengirim, minuman legendaris khas masyarakat Sunda yang terbuat dari gula aren dan santan, akan lebih nikmat jika dicampur dengan jahe dan disajikan hangat-hangat.

Saya sendiri baru mengenal bajigur. Ternyata minuman ini membawa sensasi yang luar biasa. Saat mengalir di ruang sempit kerongkongan dan berakhir di lambung, rasa hangat menjalar ke sekujur tubuh. Dan saya sendiri hanya bisa berkata, ahhh…mmmm…mantap!

Ingin menambah sensasi baru lagi dengan dipadukan ubi, kacang, dan pisang goreng, namun tidak ada, jadi bajigur dinikmati kosongan. Meskipun si bajigur sendiri namun kehangatannya cukup membuat saya segar saat ngeblog.

Bajigur datang tidak sendiri, dia diikuti beberapa benda lain, sebuah t-shirt, buku dan kartu yang cantik. Supaya awet, bajigur dan pengikutnya saya berkaskan di Kotak Tali Asih. Kepada si pengirim, terima kasih banyak mbak, salam buat keluarga.

  1. 26/04/2015 pukul 3:53 pm

    Bajigur Bandung memang mantap, apalagi kalau di minum pas musim hujan, bikin badan jadi seger, sekarang mah sudah ada bajigur yang instan

  2. 09/01/2012 pukul 9:32 am

    Hohoho…Bli Budi sudah menikmati bajigur kiriman Dey ya?
    Pasti rasanya unik, apalagi kalo diminum pas hujan dan malam-malam…uh, betapa kayanya kuliner negeri kita, Bli…di Bali pasti ada juga kan minuman khas seperti ini?
    Apa namanya?
    Kapan-kapan boleh dibikin posting lo, biar saya tambah wawasan…
    🙂

    • 09/01/2012 pukul 2:36 pm

      Heeee mbak..jujur mbak…malah saya baru pertama kali minum ini, kalau jenis yang sama apa yach…malah itu dah saya bingung, ini minuman seperti apa gitu heeee…atau karena saya yang kurang aktif dengan mencarinya, nanti saya cari tau yach…apa namanya heeee…ada pr dari saudariku nan jauh heee

      • 09/01/2012 pukul 10:36 pm

        kalau di Bali ada yang serupa (minuman dengan bahan jahe& gula), namanya “wedang jahe” (yang dengan jahe, gula merah, tanpa susu dan topping yang lain) dan ada juga “wedang ronde” (yang dengan jahe, gula pasir,tanpa/ditambah susu plus acessories lain misalnya ketan rebus, biji mutiara dari sagu, kacang hijau dan kacang tanah). Yang terakhir ini mirip sekoteng kalau di Jakarta.

  3. budiastawa
    08/01/2012 pukul 10:15 pm

    Oiiii, bro. Bagi dong bajigurnya. Dapet kiriman kagak bilang-bilang. wk wk he he he. 😆

    • 09/01/2012 pukul 6:47 am

      Sebetulnya ane mau bagi browww..tapi setelah rasanya maknyus….jadi ngak tega baginya 😆

  4. 08/01/2012 pukul 9:11 pm

    duuh jadi kangen minum bajigur. dulu bajigur ini biasa disajikan kalo di desa saya pas malam takbiran. potongan kelapa muda kotak-kotak dicampur dengan rasa jahenya bener-bener mampu membawa kehangatan.

    tapi bajigur kalo di jogja juga bisa jadi kata-kata umpatan loh

    • 09/01/2012 pukul 6:46 am

      hahahaha kalau kalimat umpatan itu mah pernah saya dengar…malah saya dibilang gini : Ah…elo dasar bajigur heeeeee…..(oleh seorang teman yang dari bandung)

  5. Ely Meyer
    08/01/2012 pukul 8:58 pm

    bajigur itu singkatan apa ngak ya mas ? rasanya seperti wedang jahekah ?
    selamat ya atas hadiahnya, dpt hadiah terus ya kayaknya, pasti seneng banget 🙂

    • 09/01/2012 pukul 6:45 am

      Mbak ely..maaf saya ngak tahu singkatannya opo..mmmm ia seperti wedah jahe..namun beda dikit heee…menunggu hadiah dari mbak Ely 😆

  6. 08/01/2012 pukul 6:39 pm

    Pasti rasanya Anget ya Kakak Ipar,hehe
    hmm, baunya sampek kesini

    • 09/01/2012 pukul 6:44 am

      Anget luar biasa di campur jahe….terang aja baunya sampai di Jember,…wong entar lgi bajigurnya juga nyampai heeee, pagi dik yach..

  7. 08/01/2012 pukul 5:19 pm

    waahh, kayaknya saya harus nyicipi nih 😀

    • 09/01/2012 pukul 6:43 am

      Mosok ia ari ngak pernah minum ini 😦

Comment pages
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

