Skip to content

Tidak Suka, Tapi Kepingin

04/01/2012

Sebelum kakak saya diangkat sebagai pegawai negeri dengan profesi guru di SMPN 1 Negara, ia tugas di Dinas Pendidikan. Tugasnya sebagai tutor kejar paket A (SD) dan kejar paket B(SMP) ke desa-desa. Di sini pengalaman baru saya dapatkan, ketika mengisi waktu luang saat cuti.

Saya tidak suka menjadi pengajar, namun ingin mengetahui kegiatan kakak di desa. Saat itu kondisinya kurang sehat, ia meminta saya untuk berdiri di depan kelas sebagai tutor kejar paket A, sementara ia duduk di kursi belakang. Profesi saya bukan pengajar, sebab saya tidak suka, namun saya ingin mencoba, karena ini adalah tantangan untuk saya.

Program unggulan kejar paket adalah “Membaca dan Menulis.” Setengah pelajaran, saya menunjuk seorang bapak untuk membaca tulisan di papan tulis yang saya lengkapi dengan sebuah gambar. Saya membantu dengan mengejanya, BA…(BA)…JU….(JU), dibaca? Secara spontan si Bapak menjawab, “Klambi” (bahasa bali yang artinya baju). Sayapun tertawa, bukan tulisan yang dibaca bapak, namun gambar baju yang ia difinisikan😆

Kakak hanya tersenyum dan menyarankan saya untuk meluruskan kembali. Ternyata menjadi guru tidak gampang, pengetahuan yang kita miliki dan hendak kita tularkan harus disesuaikan dengan kondisi peserta didik (Kejar paket, SD, SMP atau SMU) karena masing-masing mempunyai pemahaman yang berbeda.

Saya masih tidak suka menjadi pengajar, namun ingin mengulang kembali. Jika sahabat belum mencoba pengalaman ini, suatu saat ada kesempatan ke kampung (cuti, jalan-jalan atau tugas) ada baiknya dicoba kepada mereka yang setengah atau tidak sama sekali mengenal dunia pendidikan, dijamin pasti mengasikkan.

37 Komentar leave one →
  1. 09/01/2012 9:56 am

    Wah, klambi itu sama juga dengan baju dalam bahasa Jawa…
    Pengalaman yang menarik Bli Budi, saya belum pernah mengajar program Paket A, dan terus terang, setelah baca posting ini saya jadi pengen nyoba!

  2. 06/01/2012 4:26 pm

    jadi seorang pengajar tu berat, tanggung jawab dunia akirat trhdap anak didiknya,,,

    salam kenal, sukses selalu

  3. 06/01/2012 2:21 pm

    Wah sama, bahasa jawa baju juga klambi. Hehhee…

  4. 05/01/2012 6:33 pm

    Saleum,
    Jadi pengajar itu berat lho, namun jika dinikmati akan menyenangkan pula…

    saleum dmilano

  5. 05/01/2012 12:35 am

    ha ha ha.. ternyata memang terbukti, otak bekerja lebih cepat dalam menangkap gambar ketimbang kode . Pernah juga saya nyoba jadi guru pengganti sementara, Bud. Tapi belum pernah ngalamin yang begitu.
    Eh, kalau tidak suka tapi kepengen, dalam bahasa Bali namanya “calep’ . Waktu kecil kalau ngelihat permen punya teman, terus kita kepengen – suka dikata-katain begini : “calep calung, di kelungkung “.. pernah nggak dengar ledekan itu? Mbok juga bingung,kenapa pakai acara di kelungkung segala ya? he he

    • 06/01/2012 8:26 am

      Heee tergantung kalimatnya mbok..calep bisa kepingin, bisa juga suka minta-minta, heee sama seperti ‘AJER-AJER GIANYAR heeee (sudah mau pulang, baru ditawarin minum)..OOT mbok dari klungkung yach..ketahuan heeee

      • 08/01/2012 10:22 am

        Nggak. Mbok dari Bangli (desa Songan, Kintamani).
        Ha ha.. ya bener juga itu ada senggak “Ajer-ajer Gianyar” . itu namanya strategy malas (apa pelit ya?), tanpa terlihat oleh orang lain he he.
        – Tapi kalau di Bangli, senggak “Ajer-Ajer Gianyar ” sekarang bisa berarti lain,Bud. Soalnya Bupati Bangli yg sekarang bernama I Made Gianyar. Jadi kalau bilang “Ajer Gianyar”, maksudnya bisa jadi Ajer ala Pak Made Gianyar he he.
        Oh ya, dulu bupati Bangli ada yang dari Negara,Bud. Namanya Pak Ketut Winaya.

        • 08/01/2012 12:27 pm

          Mmmm Bangli yach…kalau mantan bupatinya heeee ngak ngeh..mbok…ups…ngak jadi bilang ajer-ajer gianyar, karena ada nama orang mbok yach..heeee

  6. 04/01/2012 9:38 pm

    kunjungan perdana
    semangat……
    salam hangat dari blue

  7. 04/01/2012 7:10 pm

    salam kenal dulu🙂

  8. 04/01/2012 7:07 pm

    K-U KU, D-A DA…
    Jaran….😀

  9. 04/01/2012 6:53 pm

    Lho sama ya, “klambi” di jawa juga baju.😀

Trackbacks

  1. Sekolah Paket C Paket ABC paket A/B/C » Blog Archive » Tidak Suka, Tapi Kepingin | ceritabudi

Tinggalkan Balasan

