Skip to content

Tua Muda Jadi Bingung

29/12/2011

Ni Ketut Waning. Seorang nenek yang yang tinggal di Dsn. Dauh Marga, Ds. Delod Berawah, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana-Bali, meskipun umurnya sudah 80 tahun, masih tetap mempertahankan tradisi nikeh (membuat tikar). Itulah dasarnya kenapa saya mengikut sertakan fotonya dalam kontes yang dilaksanakan oleh ibu-ibu muda di sini dan di situ.

Kontes berjalan dengan aman, lancar dan sukses, pengumuman hasil peserta yang terpilihpun telah dipajang. Saya sendiri tidak menyangka kalau artikel saya “Perempuan Dengan Tradisi Nikeh,” masuk nominasi ke-2 dalam kontes tersebut. Terima kasih mbak.

Foto Bareng Ni Kt Waning

Sebagai wujud terima kasih saya kepada beliau, sore kemarin saya berkunjung kerumah Ni Ketut Waning sambil memberikan bingkisan sembako. Kedatangan saya ternyata cukup membuat terkejut keluarga nenek dan bertanya “Wenten napi niki pak?” (ada apa ini pak).

Dengan menggunakan bahasa daerah, saya menjelaskan kalau nenek menang dalam lomba foto di internet. Seluruh keluarga tertawa dan bilang “Dadong masuk internet” (nenek masuk internet).

Nenek malah bingung dan berkata, “Dadong sing nyak, sing bani, di rumah dogen” (nenek tidak mau, tidak berani, di rumah saja). Saya bingung harus menjelaskan bagaimana.

Syukurlah ada pihak keluarga yang menjelaskan, sehingga nenek bisa mengerti. Kurang lebih 2 jam saya berbincang sambil menikmati segelas kopi hitam, sayapun pamit pulang. Dalam perjalanan saya tertawa sendiri, ternyata tua dan muda sama-sama bingung. Nenek bingung masuk internet, saya bingung menjelaskan dengan bahasa daerah, apa itu internet.

25 Komentar leave one →
  1. 01/01/2012 8:31 pm

    Dadong = nenek ? hehehe, bingung nerangin kata internet ya Mas …
    Terima kasih juga ya sudah ikut meramaikan acara kami.

  2. 30/12/2011 3:58 pm

    Hahaha..
    Sama-sama bingung..

  3. 30/12/2011 2:31 pm

    jempol buat Kakak Ipar..
    kebayang deh bingungnya si Nenek..

  4. 30/12/2011 10:33 am

    bunda salut denganmu Budi ….
    hebat sekali, langsung mengunjungi nenek begitu menjadi pemenang kontes ….
    luar biasa …….
    (sepuluh jempol utkmu, Budi) 🙂
    baca tulisan ini masih sambil senyum2…. karena sama2 bingungnya ituh…….hehehe 🙂
    salam

  5. 30/12/2011 8:22 am

    Wah blie memang hebat … nenek akhirnya menang kontes bersama blie .. masuk internet ..
    menjadi semangat bagi saya blie … kalau dipikir-pikir .. kerenan masuk internet dari masuk TV yah … heee.

  6. 30/12/2011 8:20 am

    Semangat nenek memang harus diajung jempol … meskipun sudah tua tetap semangat … jadi cerminan bagi kita yang muda …

Tinggalkan Balasan

