Nembang

Nembang. Adakah di antara sahabat yang suka nembang? Sejak kecil saya suka mendengarkan nenek sedang nembang, bahkan tidak mau tidur kalau tidak ditembangkan oleh nenek. Sesibuk apapun keadaan nenek, kalau saya merengek beliau (alm) pasti memenuhi keinginan cucunya.

Entah berpengaruh atau tidak, ketika orang tua nembang untuk menidurkan anak akan mempengaruhi psikologinya pada saat dia besar, pada kenyataannya ketika menidurkan si kecil saya selalu mengikuti jejak nenek untuk nembang.

Dengan kemajuan zaman dan kuatnya perubahan gaya dan orientasi dalam hidup yang memunculkan bentuk-bentuk kultural baru, secara dramatis kegiatan nembang mulai terpinggirkan dan tergerus. Dan itu sudah terbukti dengan keadaan  sekarang, yang mana anak kecil zaman sekarang lebih cepat menghafal dan menyanyikan lagu-lagu masa kini.

Berharap sekali kegiatan nembang ini digalakkan untuk membentuk karakter bangsa yang cinta akan budaya daerah. Tidak perlu melalui suatu acara resmi namun lebih indah dan lebih mengena jika dimulai dari lingkungan keluarga sendiri. Sehingga jika suatu saat pemerintah memfasilitasinya, maka hasilnyapun pasti akan dapat dibanggakan.

Jika ada yang belum pernah nembang, ayo kita nembang 🙂

Iklan