Saya Suka Megoakan

Permaian “Goak-goakan” atau sering disebut “Megoakan,” sebuah permainan tradisional yang menjadi fovorit saya. Permainan ini menggambarkan adegan perjuangan seekor burung goak (gagak) yang hendak memangsa anak ayam. Dimana Induk ayam begitu gigih melindungi anak-anaknya yang berbaris di belakang. Permainan ini terdiri dari 7 s.d. 10 orang dengan 3 peran, yaitu burung gagak, induk ayam dan anak ayam. Biasanya diiringi lagu “goak..goak..goak..”

Burung gagak akan meliuk-liuk mengincar anak ayam, begitu pula induk ayam akan melebarkan kepakan sayap mempertahankan anak-anaknya yang berpegangan erat penuh ketakutan.

Prosesi menang dan kalah permainan ini adalah, jika burung gagak berhasil menangkap anak ayam paling belakang maka burung gagaklah yang menang. Burung gagak bisa juga dinyatakan menang jika barisan anak ayam bubar kocar kacir, meskipun burung gagak belum berhasil menangkap anak ayam. Jika burung gagak gagal atau menyerah lelah, maka pemenangnya adalah kelompok ayam.

Dan saya paling suka menjadi “Goak.” Ketika kelas 5 SD saya mempunyai kelompok bermain 8 orang, lakinya 3 orang sisanya perempuan. Kelompok perempuan tidak bakalan mau menjadi goak. Teman lelaki saya, satunya gemuk yang satu kurus tinggi. Sementara saya orangnya paling kecil. Yang kurus selalu mendapat suara dari kelompok cewek untuk menjadi induk, karena tangannya panjang gampang melindungi anak ayam, sementara si gemuk lebih suka memeluk pinggang si kurus. Jadi tetap saya yang akan menjadi goaknya.

Mereka lebih senang jika saya menjadi goaknya, karena saya keseringan kalah. Satu hal yang membuat saya senang menjadi goak adalah, ketika saya berhasil menangkap cewek yang paling manis di kampung kami dan berhasil memeluk pinggangnya 😆

Jika saya mulai lelah dan siap-siap kalah, sayapun melorotkan kolor hingga pakai sempak saja, maka anak ayam akan lari kocar-kacir (sesekali saja) 😆 Khusus adegan ini jangan pernah ada yang meniru, berbahaya!!

Jika saya berani memposting permainan tradisional yang paling saya gemari, bagaimana dengan sahabat semua?

Permaian Megoakan yang telah dikemas menjadi Tarian

Iklan