Lestarikan Permainan Tradisional

Jika kita bisa mempertahankan tarian dan nyanyian tradisional, lalu bagaimana dengan permainan tradisional? Seiring dengan perkembangan jaman, permainan tradisional mulai terpinggirkan oleh game-game modern. Game-game modern begitu mudah kita dapatkan di hp dan komputer. Terlebih lagi dengan adanya game online, anak-anak bisa lupa waktu sehingga bisa mengurangi hubungan sosial di lingkungannya.

Namun demikian hal ini bukan semata-mata kesalahan anak-anak ataupun game modern itu sendiri. Mungkin sudah selayaknya orang-orang tua/dewasa yang pernah mengalami fase ini, untuk turun tangan memperkenalkan kepada mereka tentang permaian tradisional.

Permaian tradisional sangat berpengaruh positif terhadap perkembangan jiwa, fisik dan metal pemainnya. Mempunyai kreatifitas tinggi, persatuan, rasa persaudaraan, toleransi, empati dan meminimalisir ego si pemainnya. Meskipun ada menang dan kalah tetap dirayakan dengan bergandengan tangan, karena berakhir dengan canda tawa.

Nah kalau saya sangat menyukai permaian tradisional, sebetulnya banyak yang saya senangi, namun yang paling saya gemari dan kalau diajak main langsung bilang”ia,” adalah permaian “Goak-goakan.” Kenapa demikian?. Jika sahabat tidak keberatan, tunggu cerita saya berikutnya 🙂

Iklan