Tirtayatra Orlok Jembrana (Freq.146.900)

Sebagai wujud mempererat tali silaturahmi di antara sesama penghobi radio, orlok Jembrana freq. 146.900 yang tergabung dalam “Paguyuban Santhi Dharma Gita,” melaksanakan tirtayatra (tangkil, sembahyang ke pura-pura). Tirtayatra dilakukan tanggal 24 Juli 2011 ke beberapa pura yang ada di pulau Manjangan dengan jumlah personil 44 orang, dipimpin oleh ketua paguyuban I Made Sunarya (Dek Surya).

Pulau Manjangan merupakan pulau karang yang terletak di ujung barat laut pulau Bali. Pulau ini mudah dijangkau lewat Labuhan Lalang di desa Sumber Kelompok Kecamatan Gerokgak ± 55 km sebelah selatan kota Singaraja. Keindahan bawah laut dari pulau ini tidak diragukan lagi, terbukti banyaknya wisatawan asing yang datang untuk menyelam.

Adapun pura yang ada di pulau Manjangan, (1) Pura Klenting Sari, (2) Pura Kebo Iwa, (3) Pura Gajah Mada, (4) Pura Pesimpangan Majapahit, (5) Pura Dalem Waturenggong, (6) Pura Ganeca, (7) Pura Pucak.

Selain melaksanakan tirtayatra, untuk tetap mempererat silaturahmi, kopi darat sering dilakukan dengan kegiatan ramah tamah secara bergiliran di rumah anggota paguyuban. Dengan demikian bukan saja anggota paguyuban saja yang akrab, tetapi anggota keluarga mereka saling mengenal satu sama lainnya.

Pemandangan di sisi Pulau

Pura di pulau Manjangan

Pura Ganeca

Tangkringan Wakil Ketua Paguyuban

Iklan