Gagal dan Berhasil

Pernahkan Anda mengalami suatu kegagalan maupun keberhasilan? Saya sendiri pernah mengalami keduanya, bahkan ia senantiasa berdampingan. Dalam kehidupan ini gagal dan berhasil hanya dibatasi oleh garis putus-putus.

Bisa jadi kegagalan yang kita peroleh bukan semata-mata faktor nasib, namun karena kita terlalu keras kepala untuk melakukan sesuatu dengan cara yang kita anggap benar. Menganggap apa yang orang lain lakukan selalu salah dan memaksakan mereka untuk mengikuti apa yang kita inginkan.

Terkadang kita sudah berusaha semaksimal mungkin, namun selalu menemui suatu kegagalan, disinilah diperlukan apa yang dinamakan analisa dan evaluasi diri. Tidakkah dalam usaha kita ada rasa egois diri yang terlalu besar, sehingga mengesampingkan saran dan masukan orang lain?

Saat kita mencoba melakukan sesuatu maka ada dua pilihan yaitu gagal dan berhasil akan tetapi ketika kita tidak melakukan apa-apa, yang ada hanya sebuah kegagalan. Serta tidak akan ada yang mengubah nasib kita kalau bukan diri kita sendiri.

Tidak ada maksud lain, ini hanya cerita introspeksi terhadap diri saya sendiri saat menemui suatu kegagalan, terima kasih untuk membacanya dan sukses bersama Anda.

Iklan