Doa Adalah…

Semalam saya masih bercakap dengan doa, sudah benarkah apa yang saya lakukan? Atau hanya sebatas sebuah pengakuan? Hingga malam semakin larut, saya diam dan membisu bersama doa, menyambut hari esok atau hari ini.

Doa merupakan bentuk komunikasi  antara manusia dengan Tuhan, dapat dikatakan doa berarti berbicara kepada Tuhan, dengan pujian, keluhan maupun pengharapan, doa merupakan  nafas hidup bagi orang yang percaya, sehingga  kita setiap saat dapat memanjatkan doa kepada Tuhan.

Kadang kala kita berdoa dengan begitu lama, dengan menguntai kata – kata yang indah, namun lupa bahwa sebenarnya doa itu merupakan percakapan kita dengan Tuhan. Selama apapun kita berdoa, seindah apapun  kata yang diurai dalam doa, sefasih apapun doa diucapkan, bahwa sesungguhnya bukan itu yang utama.

Doa yang susungguhnya dilakukan dengan ketulusan hati dan keyakinan kalau Tuhan mendengar setiap doa yang kita panjatkan, meskipun dilakukan dengan singkat dan kalimat yang sederhana.

Meluangkan waktu untuk senantiasa berdoa dengan kesungguhan, ketulusan dan keyakinan, serta menjadikan doa itu sebagai gaya hidup dalam keseharian, sehingga kita lebih berani berkomunikasi dengan Tuhan, maka seberat apapun beban yang kita pikul dalam kehidupan, terasa ringan dan indah.

Iklan