Skip to content

Ogoh-ogoh,Spiritual dan Kreativitas

06/03/2011

Re-post

Jembrana-Hari Raya Nyepi yang merupakan hari Raya Umat Hindu, jatuh setahun sekali sekitar bulan Maret. Sehari sebelumnya, pada tilem kesanga (IX) disebut pengrupukan. Pada saat inilah diadakan upacara Bhuta Yadnya (Tawur Agung) untuk menghilangkan unsur-unsur kejahatan yang merusak kesejahteraan umat manusia.

Upacara Bhuta Yadnya ini berupa pecaruan yang terpusat di Catus Pata (perempatan) Desa, Kecamatan, Kabupaten, yang diadakan tepat pukul 12.00 waktu setempat. Selanjutnya sore hari diadakan pengrupukan dan mengarak ogoh-ogoh keliling desa dalam bentuk buta kala dan dibakar beramai-ramai.

Konsep pembuatan ogoh-ogoh ini harus mempunyai nilai keindahan, dan berpegang pada bentuk buta kala yang mengganggu manusia pada saat akan melakukan Brata Penyepian pada hari Raya Nyepi.

Pada mulanya ogoh-ogoh terbuat dari rangka bambu yang dianyam, namun sesuai perkembangan, ogoh-ogoh dibuat dengan bahan gabus. Alasannya dengan pembuatan bahan gabus lebih mudah untuk mengembangkan kreativitas, serta lebih ringan saat diarak.

Tidak gampang memang membuat ogoh-ogoh dengan berbahan gabus, disamping mudah patah, diperlukan ketrampilan dan imajinsi seni yang bagus, dari proses pemotongan, penempelan sampai dengan pengecatan, hingga ia berbentuk ogoh-ogoh yang indah namun tetap pada nilai spiritual.

Untuk menghindari benturan fisik antara pengusung, biasanya pada saat pengarakan ogoh-ogoh diadakan lomba, sehingga tarian yang dimainkan lebih terstruktur dan menonjolkan seni ketimbang hura-hura. Dengan demikian perpaduan kreativitas, seni, budaya dan spiritual akan tetap terjaga.

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: